Soekarno, Revolusi Indonesia Belum Selesai

Oleh: Setiadi R. Saleh, S.Sos.,

Membincangkan perjalanan Indonesia tidak lengkap rasanya tanpa menyertakan Soekarno sebagai bapak pendiri bangsa sekaligus presiden pertama Republik Indonesia. Soekarno telah tiada, namun pemikiran, sosok, karya, serta rekaman jejak sejarahnya masih dikenang sampai hari ini dan barangkali sampai 1000 tahun lagi. Mengapa tokoh Soekarno begitu fenomenal? Sebab, beliau dikenal kontroversial, sosok yang pemberani dan tidak segan-segan untuk berkonfrontasi, mampu mengangkat martabat bangsa Indonesia, pria romantis penggila wanita, penulis serta seniman yang serba bisa. Uniknya lagi di Indonesia, setiap terjadi peristiwa gejolak sosial, benturan antar suku, konflik multinasional, benturan peradaban, dan lain sebagainya, Soekarno oleh tokoh politik terkadang dijadikan referensi. Misalnya sejumlah kasus yang selalu terjadi konflik dengan Malaysia, nama Soekarno pasti selalu disebut, karena dahulu beliau pernah mengucapkan slogan yang kedengarannya “lucu” tapi sangat  membakar semangat, “Malaysia kita ganyang, Inggris kita linggis, dan Amerika kita setrika.” Padahal  jika kita ingin belajar lagi tentang sejarah nasional Indonesia. Pada zaman Soekarno banyak sekali gejolak sosial yang timbul seperti gejolak ekonomi, politik, dan tarik-menarik ideologi Negara sampai akhirnya Soekarno menemukan Pancasila. Bukan hanya di dalam negeri, politik luar negeri Soekarno termasuk yang diperhitungkan. Khusus urusan luar negeri Soekarno mempercayakannya kepada Dr. Soebandrio. Sebab, beliau diplomat ulung dan di Indonesia belum tandingannya.

Mari sejenak kita tengok latar belakang Soekarno. Sukarno lahir di Blitar, Jawa Timur, 6 Juni 1901, meninggal di Jakarta pada tanggal 21 Juni 1970. Menjabat sebagai presiden selama 21 tahun.  Kelahiran Soekarno dalam pandangan mistis dan supranatural selalu dihubung-hubungkan dengan lahirnya ratu adil, putra sang fajar. Ketika dilahirkan, Soekarno diberi nama Kusno Sosrodihardjo.  Lantaran sering sakit, oleh ayahnya namanya diganti menjadi Soekarno. Ayah Soekarno bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo dan ibunya Ida Ayu Nyoman Rai. Nyoman Rai keturunan bangsawan dari Bali beragama Hindu sedangkan Raden Soekemi beragama Islam. Soekarno memiliki kakak perempuan bernama Sukarmini. Kakek Soekarno bernama Raden Hardjokromo. Di kemudian hari setelah Soekarno aktif di dunia politik, bisa dipastikan apa pun yang dikerjakannya selalu mendapatkan respons, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Kontroversi Sepak Terjang Soekarno
·         Pidato Indonesia Menggugat
·         Memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda. Proklamator kemerdekaan Indonesia bersama Mohammad Hatta.
·         Penggali Pancasila, merumuskan UUD 1945
·         Supersemar
·         Soekarno meredakan pertumpahan darah di lapangan IKADA, saat itu rakyat Jakarta sejumlah lebih kurang 200.000 orang akan bentrok dengan pasukan Jepang bersenjata lengkap.
·         Sejumlah penangkapan, dibuang, dan diasingkan telah menjadi bukti perlawanan moral Soekarno.
·         Memindahkan Ibukota Republik Indonesia dari Jakarta ke Yogyakarta.
·         Mengambil inisiatif mengadakan Konferensi Asia-Afrika di Bandung sebagai tandingan dari PBB.
·         Menulis sejumlah naskah pidato dan buku-buku yang inspiratif.
·         Menolak membubarkan PKI karena bertentangan dengan pandangan Nasakom (Nasionalisme, Agama, Komunisme).
·         Membuat proyek mercusuar seperti ISTORA Senayan, MONAS, Masjid Istiqlal, Jembatan Semanggi, dan banyak lagi.
·         Presiden Soekarno mencabut gelar Pemimpin Besar Revolusi dan mengangkat Soeharto sebagai Presiden RI hingga.
·         Sebagian besar pengagum Soekarno memiliki benda-benda warisan Soekarno seperti lempengan emas kuning murni 24 karat yang terdaftar dalam JM London, emas putih dengan cap tapal kuda JM Mathey London serta plakat logam berwarna kuning dengan tulisan ejaan lama berupa deposito hibah.

Penghargaan
·         Doktor Honoris Causa dari sejumlah universitas antara lain Universitas Gajah Mada, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjadjaran, Universitas Hasanuddin dan Institut Agama Islam Negeri Jakarta. Columbia University (Amerika Serikat), Berlin University (Jerman), Lomonosov University (Rusia) dan Al-Azhar University (Mesir). penghargaan dari Presiden Afrika Selatan Thabo Mbeki.
Istri-istri Soekarno
·         Siti Utari Tjokroaminoto
·         Inggit Ganarsih
·         Fatmawati
·         Hartini
·         Kartini Manopo
·         Naoko Nemoto (Ratnasari Dewi)
·         Haryati
·         Yurike Sanger
·         Heldy Djafar

Anak-anak Soekarno
·         Guntur Soekarnoputra
·         Megawati Soekarnoputri
·         Rachmawati Soekarnoputri
·         Sukmawati Soekarnoputri
·         Guruh Soekarnoputra
·         Taufan Soekarnoputra
·         Bayu Soekarnoputra
·         Kartika Sari Dewi Soekarno.

Detik-detik Terakhir
Kesehatan Soekarno mulai menurun sejak Agustus 1965 lantaran mengidap gangguan ginjal dan sempat dirawat di Austria tahun 1961 dan 1964. Prof. Dr. K. Fellinger menyarankan agar ginjal kiri Soekarno diangkat tetapi ia menolak.  Kemudian tepat pada hari Minggu, 21 Juni 1970 di RSPAD (Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat) Gatot Subroto, Jakarta dengan status sebagai tahanan politik Soekarno meninggal dunia. Dalam wasiatnya Soekarno minta dimakamkan di Batu Tulis Bogor, tetapi kemudian dibawa ke kampung halamannya dan dimakamkan di Blitar, Jawa Timur.

Tentu saja, tulisan yang pendek ini tidak cukup mengupas sosok Soekarno. Ada baiknya kita membaca buku-buku referensi terpilih. Baik yang ditulis oleh beliau sendiri maupun orang lain (bibliografi). Dalam setiap kesempatan, satu hal yang sering sekali beliau katakan: “Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun.  Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah,  tapi perjuanganmu lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri. Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka. Kelemahan kita ialah, kita kurang percaya diri sebagai bangsa, sehingga kita menjadi bangsa penjiplak luar negeri, kurang mempercayai satu sama lain, padahal kita ini asalnya adalah Rakyat Gotong Royong. Revolusi Indonesia belum selesai.”[]

Comments