Agar-agar Manfaat dan Cara Membuatnya-Kesukaan Farah Quinn


Agar-agar
Agar-agar mengandung karbohidrat. Mengenyangkan dan menyegarkan bila disajikan dalam keaadaan dingin. Agar-agar bagus untuk usus karena mengandung serat. Bermanfaat bagi penderita hipertensi, kolesterol, dan diabetes. Membuatnya juga mudah.

Oleh: Setiadi R. Saleh, S.Sos,-

Siapa yang tak kenal agar-agar. Mesti tulisannya agar-agar, terkadang kita mengucapkannya ager. Bisa dipastikan semua orang menyukai agar-agar. Tidak terkecuali anak-anak maupun orang dewasa, bahkan orang jompo sekalipun menyukainya. Makanan atau minuman yang satu ini cukup unik, karena bentuk dan rasanya yang lezat. Selain mengenyangkan, agar-agar yang mengandung karbohidrat juga menyegarkan, apalagi disajikan dalam keadaan dingin. Pada umumnya orang menyamakan agar-agar dengan puding. Dari segi kekenyalannya agar-agar mirip dengan cincau dan lengkong.

Sajian agar-agar tidak mengenal waktu dan cuaca. Bisa dihidangkan ketika saat hujan atau panas. Cocok untuk makanan pembuka saat puasa Ramadhan dan lebaran. Kita tahu, ketika lebaran rata-rata orang menyantap makanan yang berkuah, berminyak dan lemak tinggi. Setelah puasa 30 hari pola makan saat lebaran malah tidak terkendali. Akhirnya malah jadi sakit karena terlalu berlebihan mengonsumsi makanan dan minuman. Agar-agar bisa menjadi penyeimbang dan penetralisir makanan yang kita konsumsi.


Makanan Kesukaan Farah Quinn
Agar-agar ternyata sangat digemari Farah Quinn. Bukan tanpa alasan ia menggemari agar-agar. Selain bentuknya lembut dan kenyal rasanya juga enak dan nikmat. Kue tersebut mampu membawa kenangan kali pertama dirinya belajar masak. Agar-agar membuat Farah jatuh hati dan tertarik dengan dunia kuliner. Ia belajar masak langsung dari sang ibu tercinta. Kini, Farah jadi koki kondang berkat agar-agar.

Bahan Dasar Agar-agar, Cincau, Jeli, Lengkong

·           Bahan dasar agar-agar adalah gel yang diolah dari rumput laut alga. Itu sebabnya agar-agar membuat kenyang karena mengandung karbohidrat seperti yang terdapat pada nasi, roti atau mie, meskipun kadarnya tidak sama. Agar-agar dibentuk bubuk dan kemudian diperjualbelikan. Lalu mengapa agar-agar setelah dimasak lalu ditiriskan bisa padat? Sebab, saat gel dipanaskan molekul agar-agar dan air bergerak bebas. Ketika didinginkan molekul-molekul agar-agar merapat, memadat dan saling membentuk. Sedangkan yang membikin agar-agar kenyal, ternyata di dalam agar-agar terdapat bahan gelatin. Bahan gelatin biasa juga dipakai untuk campuran olahan makanan seperti pengental sup, puding, jeli, es krim.

·           Cincau banyak digunakan sebagai bahan utama minuman penyegar. Proses pembuatan cincau hijau dilakukan dengan meremas-remas daun cincau rambat sembari sedikit demi sedikit diberi air. Lalu air hasil remasan disaring dalam wadah. Setelah itu ampas dibuang dan air remasan daun cincau diendapkan dalam wadah selama 1 sampai 2 jam sampai terbentuk agar-agar. Penyuka es campur pasti tahu nikmatnya cincau hijau dan cincau hitam.

Manfaat dan khasiat agar-agar
·         Agar-agar bagus untuk usus pencernaan karena mengandung serat (fiber) lunak yang tinggi dan kalori yang rendah.
·         Membantu melancarkan pembuangan sisa-sisa makanan di usus (laksatif) dan mencegah sembelit.
·         Jeli, cincau, agar-agar bebas lemak dan bebas kalori.
·         Bagus untuk orang yang sedang mengatur pola makan. Agar-agar tidak membuat gemuk.
·         Bagus untuk tulang karena memiliki kadar kalsium dan fosfor.
·         Agar-agar mengurangi peradangan dan keluhan panas.
·         Agar-agar bisa dicampur sebagai bahan aneka minuman menyegarkan.
·         Agar-agar berkhasiat menurunkan suhu badan atau panas dalam.
·         Merangsang nafsu makan karena agar-agar mengandung alkaloid.
·         Mencegah kanker
·         Antioksidan karena agar-agar mengandung klorofil ganggang laut yang membantu membersihkan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.
·         Mencegah kardiovaskular, mencegah tekanan darah pada penderita hipertensi.
·         Agar-agar sebagai obat pencahar, pengganti gelatin vegetarian, pengental sup.
·         Agar-agar sebagai campuran pada es krim dan bisa untuk makanan penutup.
·         Agar-agar digunakan sebagai clarifying agent dalam produksi minuman beralkohol.
·         Agar-agar bagus untuk ibu hamil dan menyusui.

Aneka Macam Hidangan Puding Agar-agar
·         Agar-agar aneka buah segar
·         Agar-agar vanila
·         Agar-agar coklat
·         Agar-agar aneka warna dan rasa
·         Agar-agar lapis kelapa muda
·         Es agar-agar
·         Puding buah
·         Puding kacang merah
·         Puding es campur
·         Puding durian
·         Puding tape ketan hijau
·         Puding alpukat
·         Puding roti   
Cara Mudah Membuat Agar-agar—Puding

Membuat agar-agar kelihatannya mudah, tetapi akan menyulitkan kalau belum terbiasa. Tips mudah membuat agar-agar:

·         Bahan dasar membuat puding adalah agar-agar atau gelatin.
·         Agar-agar ada yang berbentuk batangan dan bubuk. Bentuk bubuk lebih praktis.
·         Supaya agar-agar mudah dikeluarkan, terlebih dahulu basahi cetakan.
·         Khusus untuk puding yang berlapis, tunggu agak mengeras baru ditambah lapisan lain. Ingat, jangan terlalu keras, karena lapisan agar-agar tidak akan menempel.
·         Apabila puding terlanjur padat sebelum dituang ke cetakan, cairkan lagi, apinya jangan terlalu besar. 
·         Supaya agar jeli powder tidak gampang menggumpal, pastikan Nutrijell (jelly powder) tercampur dan diaduk rata dengan gula sebelum dimasak.

Selamat menikmati!



Comments